Assalamualaikum
Halo…
Halo…
Kali ini kita akan bahas tentang modeling, khususnya modeling wajah. Karena menurut saya modeling kepala, apa lagi wajah adalah bagian tersulit dalam proses modeling karakter, untuk itu saya akan berbagi, BAGAIMANA CARANYA MEMBUAT WAJAH DENGAN TEKNIK TERMUDAH, namun tetap menggunakan aturan topology. Sebelumnya saya juga akan menerangkan apa itu topology.
Topology secara singkat bisa dikatakan dengan alur/garis wajah. Kita bisa mengetahui alur wajah dengan menggunakan referensi gambar anatomi wajah manusia seperti berikut ini:
Kita bisa lihat dalam gabar anatomi diatas bahwa garis otot pada wajah kita memiliki karakteristik yang unik, yaitu bentuk melingkar pada mata dan mulut, serta terdapat juga garis-garis lurus yang menghubungkan antara mata dengan mulut. Dalam wajah kita hal tersebut tentu berfungsi untuk menggerakkan seluruh detail bagian wajah. seperti berkedip, tersenyum, menggerakkan pipi, bibir dan lain sebaginya. Nah kaitannya dengan objek 3D yang nanti akan kita buat juga kurang lebih sama. Dengan mengindahkan aturan topology tentu akan mempermudah kita dalam menganimasikan ekspresi wajah, memudahkan dalam proses modeling, dan tentunya terlihat rapi dan mudah dipahami.
Topology juga berlaku pada semua objek, misalnya tubuh, telapak tangan, kaki dan lain sebagainya. khusus untuk wajah kita harus perhatikan sekali karena biasanya bagian tubuh yang sering di ekspose detail adalah wajah, sehingga perlu diperhatikan sekali topology yang benar agar model anda dapat terlihat sempurna.
Nah apa yang harus dilakukan sebelum kita melakukan proses modeling wajah? Yang pertama adalah membuat perencanaan edges flow, atau garis topology yang benar pada referensi wajaha yang kita punya. Hal ini akan memudahkan kita dalam membuat model nantinya.
Kedua, adalah mencari foto wajah yang akan digunakan sebagai panduan membuat model. usahakan foto tersebut memiliki ketajaman (resolusi) yang baik. Foto harus tampak depan dan samping dengan ukuran yang sama/sejajar. Perhatikan gambar berikut ini. Gambar bawah adalah yang benar karena semua bagian wajah sejajar.
Selebihnya anda bisa mencari artikel dan referensi ttg topology di internet dengan kata kunci edges flow atau topology tentunya. Atau anda juga bisa menggunakan referensi website berikut untuk mengetahui lebih jauh “PhungDinh”
Oke langsung saja kita masuk ke tutorial:
Anda bisa menggunakan software apapun untuk mempraktekkannya. karena tutorial ini pada dasarnya teori saja.
Catatan: Untuk dapat mengikuti tutorial ini anda harus sudah paham dengan penggunakan tools dasar didalam seoftware blender seperti add objects, delete object, edit mode, cut loop, select vertex, edge, face dll. Bila anda masih belum menguasai sebaiknya pelajari lagi tutorial berukut ini atau gunakan DVD tutorial Blender Complete part 1 yang sangat saya rekomendasikan.
Dan teknik yang saya gunakan ini adalah teknik paling sederhana yang pernah saya gunakan untuk mempermudah anda dalam memahami pembuatan model wajah. Tentunya masih banyak teknik lain yang digunakan oleh artis 3D lainnya.
1. Buka software Blender.
2. Delete objek Cube yang ada. dan kita akan menggunakan objek plane sebagai dasar pembuatan wajah.
3. Gunakan gambar berikut ini sebagai acuan membuat model. tempatkan dua gambar ini pada viewport front dan right. Tentu sebelumnya anda harus split dulu 3D view anda menjadi dua bagian.
4. Atur posisi gambar sehingga memiliki ukuran yang sama
5. Buat sebuah objek plane dan rotasi menghadap kedepan dari viewport front
6. Masuk ke edit mode (TAB) dan cut loop menjadi dua bagian (CTRL+R). posisikan tiap vertex seperti pada gambar berikut ini:
7. Aktifkan seleksi FACE. Seleksi face bagian atas, lalu extrude (E), langsung klik kanan, dan scale (S) sehingga seperti pada gambar berikut
8. Lakukan juga pada face bagian bawah. dan delete face (X) seperti keterangan pada gambar berikut:
9. Kemudian geser posisi vertex seperti pada gambar berikut
10. Tambahkan edge loop dengan cut loop (CTRL+R) pada bagian atas dan bawah mata
12. Tambahkan cut loop (CTRL+R) pada mata
14. Extrude (E) face hidung
15.Seleksi face bawah hidung, extrude (E) dan scale (S) untuk lobang hidung
16. Hilangkan edge berikut dengan cara tekan X > disolve
17. Gunakan Knife tool (K) untuk membuat egde baru seperti pada gambar berikut. Gunakan Space bar untuk meng-comfirm perintah knife
19. Gunakan knife (K) lagi untuk membuat edge berikut
20. Hilangkan edge ini (disolve)
21. Ganti dengan edge berikut. gunakan knife tool (K)22. Kembali ke bagian bawah mata. Buat edge baru dengan knife (K) melanjutkan bagian yang kita hilangkan tadi
23. Tambahkan edge dengan cut loop (CTRL+R) untuk bagian mulut (samping dan bawah) juga bagian hidung
24. Atur posisi vertex sehingga tidak berdempetan. untuk mempermudah menggeser beberapa edge sekaligus gunakan EDGE SLIDE (CTRL+E > EDGE SLIDE)
Anda harus tetap memperhatikan gambar acuan tampak depan dan samping agar model yang kita buat tidak jauh berbeda dengan foto referensi.
26. Seleksi vertex berikut
27. extrude (E)
33. Sekarang aktifkan edge yang bagian bawah dari face yang baru saja kita buat. Lalu extrude seperti gambar berikut
34. tambahkan cut loop, dan merge (ALT+M) pada dua vertex sehingga menyambung seperti pada gambar dibawah ini
37. Cut loop bagian mata
38. Seleksi bagian pinggir bibir. gunakan ALT agar terseleksi secara loop. kemudian extrude dan scale sehingg membentuk bibir seperti pada gambar berikut
39. Tambahkan edge jika dibutuhkan. Namun saya ingatkan untuk tetap membuat seminimal mungkin jumlah edgenya (low poly)
Selanjutnya anda bisa berimprove agar model wajah yang anda buat semakin baik.
Demikianlah tutorial membuat wajah dengan teknik tercepat yang tergolong tidak rumit. Kritik dan masukan saya tunggu.
Tutorial ini akan saya buat versi videonya dan nanti akan saya lengkapi dengan seluruh bagian tubuh (badan, tangan , kaki, dll) secara detail. Dan tutorial lanjutan tersebut akan saya kompilasi dalam bentuk DVD tutorial Blender Complete part 2.