Assalamualaikum
Untuk membuat sebuah objek tangga spiral didalam software Blender
ternyata tidaklah sulit. Namun begitu anda dituntut untuk tahu teknis
dan trik yang tepat agar hasil yang didapatkan sesuai keinginan dan
proses pembuatannya juga tidak lama.
nah dengan menggunakan fasilitas modifikasi Array anda dapat
menggandakan sebuah objek dalam jumlah yang banyak dan yang menariknya
adalah anda juga dapat mengontrol ukuran, jarak dan rotasi objek dengan
mudah. oke berikut langkah-langkahnya
Untuk membuat sebuah objek tangga spiral didalam software Blender
ternyata tidaklah sulit. Namun begitu anda dituntut untuk tahu teknis
dan trik yang tepat agar hasil yang didapatkan sesuai keinginan dan
proses pembuatannya juga tidak lama.
nah dengan menggunakan fasilitas modifikasi Array anda dapat
menggandakan sebuah objek dalam jumlah yang banyak dan yang menariknya
adalah anda juga dapat mengontrol ukuran, jarak dan rotasi objek dengan
mudah. oke berikut langkah-langkahnya
Note: Untuk bisa mengikuti tutorial ini setidaknya anda harus sudah menguasai cara menyeleksi objek, melakukan navigasi terhadap 3d view, dan navigasi objek.
1. Buka software Blender
2. Gunakan langsung objek CUBE yang sudah ada di 3d view anda
3. Tekan TAB pada keyboard untuk mengaktifkan mode EDIT MODE
4. Nyakan tombol 3d manipulator > dan aktifkan tombol translate
manipulator
2. Gunakan langsung objek CUBE yang sudah ada di 3d view anda
3. Tekan TAB pada keyboard untuk mengaktifkan mode EDIT MODE
4. Nyakan tombol 3d manipulator > dan aktifkan tombol translate
manipulator
6. Aktifkan FACE samping dan geser sehingga objek cube menjadi
memanjang
memanjang
9. CTL + A > lalu pilih apply Location. ulangi lagi CTRL+A, untuk rotation dan scale. hal ini dilakukan agar objek kotak/cube tadi dipastikan posisi, rotasi dan skala objek pada ukuran yang sekarang
10. Masuk ke tab OBJECT MODIFIER > klik ADD MODIFIER > pilih ARRAY
10. Masuk ke tab OBJECT MODIFIER > klik ADD MODIFIER > pilih ARRAY
11. Sekarang buat sebuah objek EMPTY (SHIFT+A > EMPTY > ARROWS)12. Aktifkan lagi objek CUBE dan kembali ke tab OBJECT MODIFIER >
nyalakan OBJECT OFFSET > dan isikan kolom dibawahnya dengan EMPTY
nyalakan OBJECT OFFSET > dan isikan kolom dibawahnya dengan EMPTY
17. Nah sekarang anda sudah memiliki objek tangga berputar. Sekarang
saatnya mempercantik tangga.
18. Masih dalam keadaan objek cube tadi aktif dan dalam posisi EDIT
MODE >
19. pada tab object modifier matikan icon mata pada modifikasi ARRAY
saatnya mempercantik tangga.
18. Masih dalam keadaan objek cube tadi aktif dan dalam posisi EDIT
MODE >
19. pada tab object modifier matikan icon mata pada modifikasi ARRAY
20. Dari view TOP dan Front, letakkan cursor mouse anda seperti pada
gambar > Lalu buat objek cylinder (SHIFT+A > MESH > CYLINDER)
gambar > Lalu buat objek cylinder (SHIFT+A > MESH > CYLINDER)
22. Geser Face atas sehingga objek cylinder menjadi memanjang keatas.
tempatkan objek cylinder seperti gambar berikut
tempatkan objek cylinder seperti gambar berikut
23. Seleksi semua face objek cylinder (aktifkan salah satu face,
kemudian CTRL+L)
24. Duplikat objek cylinder tadi (SHIFT+D) geser ke sumbu Y (Y)
25. tempatkan di sisi yang satunya. lihat gambar
25. tempatkan di sisi yang satunya. lihat gambar
27. Tekan TAB untuk kembali ke OBJECT MODE
28. Nah sekarang kita akan membuat objek lengkung yang akan dijadikan
sebagai pegangan tangan. objek lengkung tsb dibuat dari objek kurva.
mari kita buat
28. Nah sekarang kita akan membuat objek lengkung yang akan dijadikan
sebagai pegangan tangan. objek lengkung tsb dibuat dari objek kurva.
mari kita buat
30. Aktifkan view FRONT (1 NUMPAD) dan view ORTOGRAPHIC (5 NUMPAD)
31. Tekan TAB untuk masuk ke EDIT MODE untuk objek BEZIER tadi
32. Aktifkan VERTEX dari tiap sudut objek bezier tadi dan posisikan
seprti pada gambar.
31. Tekan TAB untuk masuk ke EDIT MODE untuk objek BEZIER tadi
32. Aktifkan VERTEX dari tiap sudut objek bezier tadi dan posisikan
seprti pada gambar.
33. Anda bisa aktifkan mode WIREFRAME dengan menekan Z pada keyboard
34. Lihat dari view atas (7 NUMPAD)
35. Atur handle sehingga objek bezier menjadi melengkung sesuai bentuk
tangga
34. Lihat dari view atas (7 NUMPAD)
35. Atur handle sehingga objek bezier menjadi melengkung sesuai bentuk
tangga
36. Masuk ke tab OBJECT DATA > pada mode FILL pilih FULL, dan atur
nilai dari BEVEL (depth dan resolution) sehingga sekarang objek bezier
memiliki ketebalan
nilai dari BEVEL (depth dan resolution) sehingga sekarang objek bezier
memiliki ketebalan
37. Bila sudah selesai anda bisa duplikat objek bezier tadi kesisi yang
satunya, dan lakukan pengolahan seperti tadi sehingg bentuknya sesuai
lengkungan tangga.
satunya, dan lakukan pengolahan seperti tadi sehingg bentuknya sesuai
lengkungan tangga.
Selamat mencoba