MODELING INTERIOR
Assalamualaikum
Halo..
Halo..
Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang interior, dan masih juga menggunakan software Blender. Hal yang sudah lama ingin saya buat tutorialnya. Saya berfikir untuk membuat objek-objek arsitektural tidaklah serumit membuat objek organic seperti manusia atau monster. Bila kita amati rata-rata objek arsitektural adalah objek yang bersifat geometric atau hard surface. semua objeknya dapat diukur dan bentuknya sederhana. hanya ada beberapa objek yang menurut saya tergolong rumit, seperti kursi sofa, atau kursi dengan ornamen klasik. nah dalam tutorial kalo ini sengaja saya memilih objek yang sederhana saja. Tujuannya adalah untuk mengajarkan kepada teman-teman yang masih pemula, bahwa membuat model arsitektural ternyata mudah dan bisa menghasilkan bentuk rendering/akhir yang keren.
Dalam tutorial ini saya hanya akan menampilkan screen shoot bagian-bagian penting saja. tidak terlalu mendetail memang. karena menurut saya teknik yang digunakan dalam proses modeling ini sangatlah sederhana. adapun teknik modeling yang saya gunakan hanya: extrude (E), bevel (CTRL+B), cut loop (CTRL+R), separate object (P), hmm… apa lagi ya.. sepertinya semua tool yang saya gunakan adalah standar saja.
Oke langsung saja kita mulai tutorial ini
1. Hampir selalu untuk membuat objek arsitektural saya mulai dengan bentuk cube/kotak. Disini saya menggunakan gambar acuan sebagai reverensi yang akan saya buat semirip mungkin. Pertama, saya split jendela 3D view menjadi dua, dan bagian sebelah kanan saya gunakan untuk UV image editor untuk menampilkan gambar acuan.
Gambar acuan bisa anda download disini
5. Lakukan beberapa Cut loop seperti gambar berikut
6.Seleksi face bagian atas (lihat gambar dibawah), lalu tekan P untuk memisahkan objek. Maka face atas akan menjadi objek tersendiri
7. lalukan juga pada bagian meja yang dikanan. Objek-objek ini saya pisahkan agar pada saat kita tambah cut loop tidak akan menimbulkan segment/garis-garis yang terlalu banyak
8. Setelah di pisah, sekarang anda kembali ke objek mode (TAB). objek-objek yang di pisah tadi pasti memiliki titik pusat/origin yang tidak pada pusat objek. untuk itu kita akan pindahkan origin ke pusat dari objek. caranya, anda aktifkan objek, kemudian klik SHIFT+CTRL+ALT+C, lalu pilih origin to center of mass. lakukan juga pada objek satunya.
9. Oke, sekarang kita akan mulai membuat ornamen pada pintu meja. buatlah sebuah objek kurva > circle
10. Tempatkan di depan pintu meja. Oh iya, sebelumnya anda rotasi terlebih dahulu objek kurva tadi sehingga akan tampak seperti pada gambar berikut11.Lakukan pengaturan seperti berikut untuk mendapatkan bentuk kurva menjadi tiga dimensi
12.Hasil akir yang ingin kita dapatkan adalah seperti ini. Caranya, anda lakukan editing terhadap kurva.
13. editing yang saya lakukan adalah menambahkan poin/titik vertex lagi, dengan cara: aktifkan dua point vertex lalu klik W, dan pilih subdivide
14. pada bagian vertex yang akn di buat menyudut anda aktifkan lalu tekan V > vector
16. Untuk membuat handle dari pintu saya kembali menggunakan objek cube. lalu setelah di edit mode, kita tekan W dan pilih subdivide.
17. Tambahkan modifier SUBDIVISON SURFACE untuk membuatnya menjadi bulat
19. Bentuk akhir adalah seperti ini
20. Untuk membuatnya menjadi telihat lebih halus, maka buka jendela tool (T), kemudian gunakan smooth shading
21. Oh iya, usahakan semua objek harus diberi nama. Buka jendela properties (N), lalu pada roolout ITEM adnda ganti nama objek
22. Nah untuk membuat bevel dari laci caranya jauh lebih mudah. yaitu dengan meng-extrude facenya sehingga menjadi berbentuk bevel
23. Sekarang mari kita percantik tiap objek dengan memberikan material
24. Kita bisa mengambil contoh warna material langsung dari foto atau objek yang ada. caranya, klik icon eye droper yang ada pada coor palet
25. lalu klik kan ke objek yang ingin di ambil warnanya
26. Untuk objek lain yang nantinya memiliki warna yang sama, sebaiknya gunakan library material yang sudah kita buat.
27. Dan akhirnya kita sudah mendapatkan bentuk pintu dan laci lemari
28. Sejauh ini kalo anda masih bingung maka anda bisa download file latihan yang sudah saya siapkan disini
29. Lanjut untuk bagian atas. Objek kita bagi/potong menjadi beberapa bagian
30 . kemudian kita extrude dan scale untuk mendapatkan bentuk yang sempurna
31. Untuk membuat kran yang minimalis saya menggunakan bentuk cylinder. setelah cylinder dibuat, langsung anda klik F6 untuk mendapatkan propertis dari objek silinder seperti berikut. ganti jumlah vertex menjadi 8 agar objek tidak terlalu detail
32. Dari view samping kita atur menjadi bentuk melengkung seperti kran
33. lakukan terus extrude (E), rotasi (R) dan grab (G) untuk membentuknya menjadi seperti pada gambar berikut
34. Untuk bagian bawah dari kran saya mengunakan objek/face yang atas yang saya duplikat (Shift+D) kemudian saya extrude facenya.
35. Sekarang saya akan membuat dinding. Objek yang saya gunakan adalah Plane. hmm sejauh ini saya hanya menggunakan tool yang sangat sederhana bukan? tidak ada teknik-teknik baru yang saya gunakan. yang diperlukan hanyalah ketelitian dan kesabaran, juga kreatifitas anda tentunya
36. Ornamen gantungan yang menpel didinding saya rasa tidak perlu dibuatkan urutan tutorialnya, he he karena saya yakin anda sudah bisa. sangat sederhana sekali
37. Tempat sampah dibuat dari objek cube yang diatur sedemikian rupa. untuk mempermudah pembutan objek saya menggunakan modifikasi mirror
38. Aktifkan dua sumbu sekaligus untuk mendapatkan bentuk tong sampah yang simetri
39. Untuk mempercantik ruangan tentu kita harus menambahkan beberapa objek lagi. diantaranya dalah botol.
dan… wallaaa… bentuk botol yang sedehana juga jadi hanya dengan menggunakan objek cube dan cylinder yang di extrude dan scale
40. Untuk lemari bagian kanan saya menggunakan metode copy/duplicate objek yang sudah jadi. Dan hanya perlu mengedit sedikit saja untuk mendapatkan hasil yang pas
41. Untuk mendapatkan pencahayaan yang baik tentu kita perlu membuat jendela sebagai tempat masuknya cahaya nanti
42. Nah sekarang saatnya membuat kain keset kaki. caranya, gunakan objek plane. potong menjadi seperti berikut
43. Aktifkan semua face, dan extrude untuk mendapatkan ketebalan
44. tambahkan detail. Gunakan proportional editing untuk mengubah bentuknya menjadi lebih acak
45. Berikutnya adalah kulkas. saya rasa untuk bentuk kulkas sangatlah sederha. Juga tidak perlu dibuat detail step by step tutorialnya
48. Oke.. sejauh ini modeling sudah selesai. anda juga bisa dapatkan file hasil akhirnya disini. tentunya agar anda bisa belajar dari file yang ada.
0 comments:
Post a Comment