Tuesday, April 14, 2015

MODELING INTERIOR



MODELING INTERIOR





Assalamualaikum

Halo..
Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang interior, dan masih juga menggunakan software Blender. Hal yang sudah lama ingin saya buat tutorialnya. Saya berfikir untuk membuat objek-objek arsitektural tidaklah serumit membuat objek organic seperti manusia atau monster. Bila kita amati rata-rata objek arsitektural adalah objek yang bersifat geometric atau hard surface. semua objeknya dapat diukur dan bentuknya sederhana. hanya ada beberapa objek yang menurut saya tergolong rumit, seperti kursi sofa, atau kursi dengan ornamen klasik. nah dalam tutorial kalo ini sengaja saya memilih objek yang sederhana saja. Tujuannya adalah untuk mengajarkan kepada teman-teman yang masih pemula, bahwa membuat model arsitektural ternyata mudah dan bisa menghasilkan bentuk rendering/akhir yang keren.
Dalam tutorial ini saya hanya akan menampilkan screen shoot bagian-bagian penting saja. tidak terlalu mendetail memang. karena menurut saya teknik yang digunakan dalam proses modeling ini sangatlah sederhana. adapun teknik modeling yang saya gunakan hanya: extrude (E), bevel (CTRL+B), cut loop (CTRL+R), separate object (P), hmm… apa lagi ya.. sepertinya semua tool yang saya gunakan adalah standar saja.
Oke langsung saja kita mulai tutorial ini
1. Hampir selalu untuk membuat objek arsitektural saya mulai dengan bentuk cube/kotak. Disini saya menggunakan gambar acuan sebagai reverensi yang akan saya buat semirip mungkin. Pertama, saya split jendela 3D view menjadi dua, dan bagian sebelah kanan saya gunakan untuk UV image editor untuk menampilkan gambar acuan.
Gambar acuan bisa anda download disini
Kita kan mulai membuat bentuk meja dari sebuah objek cube19-07-2013 6-19-032. Klik TAB untuk masuk ke EDIT MODE
19-07-2013 8-08-553. Extrude face samping, lalu cut loop untuk membagi dua bagian objek atas dan bawah
19-07-2013 6-20-124. Extrude lagi seperti gambar dibawah ini untuk membuat meja berbentuk L
19-07-2013 6-20-36
5. Lakukan beberapa Cut loop seperti gambar berikut
19-07-2013 6-23-43
6.Seleksi face bagian atas (lihat gambar dibawah), lalu tekan P untuk memisahkan objek. Maka face atas akan menjadi objek tersendiri
19-07-2013 8-06-21
7. lalukan juga pada bagian meja yang dikanan. Objek-objek ini saya pisahkan agar pada saat kita tambah cut loop tidak akan menimbulkan segment/garis-garis yang terlalu banyak
19-07-2013 8-07-12
8. Setelah di pisah, sekarang anda kembali ke objek mode (TAB). objek-objek yang di pisah tadi pasti memiliki titik pusat/origin yang tidak pada pusat objek. untuk itu kita akan pindahkan origin ke pusat dari objek. caranya, anda aktifkan objek, kemudian klik SHIFT+CTRL+ALT+C, lalu pilih origin to center of mass. lakukan juga pada objek satunya.
19-07-2013 8-09-28
9. Oke, sekarang kita akan mulai membuat ornamen pada pintu meja. buatlah sebuah objek kurva > circle
19-07-2013 8-22-46
10. Tempatkan di depan pintu meja. Oh iya, sebelumnya anda rotasi terlebih dahulu objek kurva tadi sehingga akan tampak seperti pada gambar berikut19-07-2013 8-24-4811.Lakukan pengaturan seperti berikut untuk mendapatkan bentuk kurva menjadi tiga dimensi
19-07-2013 8-23-23
12.Hasil akir yang ingin kita dapatkan adalah seperti ini. Caranya, anda lakukan editing terhadap kurva.
19-07-2013 8-32-02
13. editing yang saya lakukan adalah menambahkan poin/titik vertex lagi, dengan cara: aktifkan dua point vertex lalu klik W, dan pilih subdivide
19-07-2013 8-28-15
14. pada bagian vertex yang akn di buat menyudut anda aktifkan lalu tekan V > vector
19-07-2013 8-29-0015. lakukan pengaturan seperti pada gambar berikut untuk mendapatkan bentuk kurva yang tebal
19-07-2013 8-32-15
16. Untuk membuat handle dari pintu saya kembali menggunakan objek cube. lalu setelah di edit mode, kita tekan W dan pilih subdivide.
19-07-2013 8-33-31
17. Tambahkan modifier SUBDIVISON SURFACE untuk membuatnya menjadi bulat
19-07-2013 8-34-16
18. atur parameter sub division surface seperti berikut19-07-2013 8-33-51
19. Bentuk akhir adalah seperti ini
19-07-2013 8-37-42
20. Untuk membuatnya menjadi telihat lebih halus, maka buka jendela tool (T), kemudian gunakan smooth shading19-07-2013 8-37-59
21. Oh iya, usahakan semua objek harus diberi nama. Buka jendela properties (N), lalu pada roolout ITEM adnda ganti nama objek19-07-2013 8-38-44
22. Nah untuk membuat bevel dari laci caranya jauh lebih mudah. yaitu dengan meng-extrude facenya sehingga menjadi berbentuk bevel19-07-2013 8-43-23
23. Sekarang mari kita percantik tiap objek dengan memberikan material
19-07-2013 8-44-06
24. Kita bisa mengambil contoh warna material langsung dari foto atau objek yang ada. caranya, klik icon eye droper yang ada pada coor palet
19-07-2013 8-44-23
25. lalu klik kan ke objek yang ingin di ambil warnanya
19-07-2013 8-44-55
26.  Untuk objek lain yang nantinya memiliki warna yang sama, sebaiknya gunakan library material yang sudah kita buat.19-07-2013 8-45-45
27.  Dan akhirnya kita sudah mendapatkan bentuk pintu dan laci lemari
19-07-2013 8-57-38
28. Sejauh ini kalo anda masih bingung maka anda bisa download file latihan yang sudah saya siapkan disini
29. Lanjut untuk bagian atas. Objek kita bagi/potong menjadi beberapa bagian
19-07-2013 9-00-53
30 .  kemudian kita extrude dan scale untuk mendapatkan bentuk yang sempurna
19-07-2013 9-04-09
31.  Untuk membuat kran yang minimalis saya menggunakan bentuk cylinder. setelah cylinder dibuat, langsung anda klik F6 untuk mendapatkan propertis dari objek silinder seperti berikut. ganti jumlah vertex menjadi 8 agar objek tidak terlalu detail19-07-2013 9-11-18
32. Dari view samping kita atur menjadi bentuk melengkung seperti kran
19-07-2013 9-12-01
33.  lakukan terus extrude (E), rotasi (R) dan grab (G) untuk membentuknya menjadi seperti pada gambar berikut
19-07-2013 9-14-23
34. Untuk bagian bawah dari kran saya mengunakan objek/face yang atas yang saya duplikat (Shift+D) kemudian saya extrude facenya.19-07-2013 9-16-53
35. Sekarang saya akan membuat dinding. Objek yang saya gunakan adalah Plane. hmm sejauh ini saya hanya menggunakan tool yang sangat sederhana bukan? tidak ada teknik-teknik baru yang saya gunakan. yang diperlukan hanyalah ketelitian dan kesabaran, juga kreatifitas anda tentunya
19-07-2013 9-18-43
36. Ornamen gantungan yang menpel didinding saya rasa tidak perlu dibuatkan urutan tutorialnya, he he karena saya yakin anda sudah bisa. sangat sederhana sekali
19-07-2013 9-28-24
19-07-2013 9-28-34
37. Tempat sampah dibuat dari objek cube yang diatur sedemikian rupa. untuk mempermudah pembutan objek saya menggunakan modifikasi mirror
19-07-2013 9-46-59
38. Aktifkan dua sumbu sekaligus untuk mendapatkan bentuk tong sampah yang simetri
19-07-2013 9-47-07
39. Untuk mempercantik ruangan tentu kita harus menambahkan beberapa objek lagi. diantaranya dalah botol.
19-07-2013 9-28-50
19-07-2013 9-33-53dan… wallaaa… bentuk botol yang sedehana juga jadi hanya dengan menggunakan objek cube dan cylinder yang di extrude dan scale
40. Untuk lemari bagian kanan saya menggunakan metode copy/duplicate objek yang sudah jadi. Dan hanya perlu mengedit sedikit saja untuk mendapatkan hasil yang pas
19-07-2013 9-38-4841. Untuk mendapatkan pencahayaan yang baik tentu kita perlu membuat jendela sebagai tempat masuknya cahaya nanti
19-07-2013 9-40-56
42. Nah sekarang saatnya membuat kain keset kaki. caranya, gunakan objek plane. potong menjadi seperti berikut
19-07-2013 9-52-01
43. Aktifkan semua face, dan extrude untuk mendapatkan ketebalan
19-07-2013 9-52-14
44. tambahkan detail. Gunakan proportional editing untuk mengubah bentuknya menjadi lebih acak
19-07-2013 9-56-1145. Berikutnya adalah kulkas. saya rasa untuk bentuk kulkas sangatlah sederha. Juga tidak perlu dibuat detail step by step tutorialnya
19-07-2013 10-30-0846. Untuk membuat daun pintu kulkas saya memisahkan face depan (separate)
19-07-2013 10-30-30
47. cut loop dan atur posisinya19-07-2013 10-38-28
48. Oke.. sejauh ini modeling sudah selesai. anda juga bisa dapatkan file hasil akhirnya disini. tentunya agar anda bisa belajar dari file yang ada.
19-07-2013 10-41-19

0 comments:

Post a Comment