Tuesday, April 14, 2015

Modeling karakter dengan Blender 2.63

Modeling karakter dengan Blender 2.63

Banyak sekali permintaan yang masuk ke email maupun komen di website DodyAnimation.com yang meminta saya untuk membuat tutorial modeling karakter sampai animasi. Dan kali ini saya sempatkan membuat tutorial “Modeling karakter  manusia” dengan software Blender 2.63
Pada Blender versi 2.63 ini terdapat fasilitas modeling baru yaitu Knife tool yang telah di sempurnakan, kemudian ada juga Disolve yang berfungsi untuk menghilangkan egde, vertex dan face.
Untuk membuat karakter/organic modeling diperlukan kemampuan memahami bentuk topologi dari karakter yang akan di buat. Bentuk wajah dan badan manusia yang unik dan bergelombang pada dasarnya memiliki alur yang sama pada semua diri
manusia. Alur ini biasa di sebut sebagai edge flow atau wire flow. Sebelum kita mulai membuat model manusia ada baiknya pelajari dan pahami dulu bentuk egde flow manusia yang baik dan benar. anda bisa mencari referensi edge flow tersebut di internet atau di buku panduan modeling. Edge flow pada karakter manusia didasari dari bentuk otot yang terdapat di seluruh badan. Bila anda membuka buku tentang
kedokteran atau anatomi manusia kemungkinan besar anda pasti pernah melihat gambar seperti ini:
gambar anatomi otot wajah manusia.
Perhatikan alur otot wajah kita, alur tersebut yang mendasari arah/flow dari tiap edge yang nanti akan kita buat. Kenapa harus menggunakan acuan ini? tentunya ada alasan kenapa kita harus membuat model karakter sesuai flow yang ada. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam proses modeling sendiri serta animasi tentunya. Dengan
menggunakan acuan flow tersebut kita memiliki patern dalam membuat bentuk wajah. tinggal mengikuti saja dan sedikit berimprove maka jadilah bentuk wajah yang baik.
Referensi wire flow/edge flow pada wajah
Referensi edge flow badan cowok
Ada satu syarat lagi untuk membuat model karakter kita baik saat di animasikan, yaitu semua face/polygon/mesh nya harus memiliki 4 sudut, tidak lebih dan tidak kurang. Bentuk segi empat pada face ini biasa di sebut sebagai quad. Hal ini dimaksudkan untuk membuat model kita tetap bagus saat di render dan benar saat di animasikan. Untuk itu usahakan semua face memiliki 4 sudut. Bila memang tidak memungkinkan maka buatlah menjadi segi tiga, bukan segi lima.
Video tutorial modeling karakter ini terdiri dari 5 bagian. Dibagian pertama kita akan membahas mengenai tools yang akan kita gunakan dalam proses modeling. Bagi anda yang sudah menguasai tools tersebut bisa langsung lompat ke bagian kedua saja :)  Di video kelima saya singkat proses pembuatan wajah. Soalnya akan memakan waktu yang cukup lama bila ingin hasil yang maksimal. Dan tentunya akan membuat saya semakin boring menunggu proses upload video ke youtube :D
Oke selamat menikmati video tutorial ini. jangan lupa bila anda suka anda bisa share ke teman2 facebook atau twitter. enjoy
File acuan bisa di download disini 
video pertama. Pengenalan tools. (lewati bila anda sudah menguasai tools di blender)
Video kedua. Mulai membuat
Video ketiga. Modeling kaki
Video keempat. Modeling jari tangan
Video kelima. Wajah

0 comments:

Post a Comment