Assalamualaikum
Masalah vertex weight adalah masalah yang sangat menjengkelkan bagi pengguna software 3D, khususnya saat kita sedang melakuakan modelinag dan rigging karakter. Saat tulang di gerakkan ternyata ada bagian mesh yang tertinggal seolah-olah mesh objek lengket dengan objek lain.
Masalah vertex weight adalah masalah yang sangat menjengkelkan bagi pengguna software 3D, khususnya saat kita sedang melakuakan modelinag dan rigging karakter. Saat tulang di gerakkan ternyata ada bagian mesh yang tertinggal seolah-olah mesh objek lengket dengan objek lain.
Tapi tunggu dulu, mungkin ada sebagian teman yang belum paham dengan istilah vertex weight… Vertex weight adalah istilah dalam proses rigging karakter, khususnya saat kita ingin membuat mesh objek (badan karakter) mengikuti gerak tulang didalamnya. Perlu diketahui teman-teman bahwa setiap vertex dari mesh karakter itu memiliki nilai kekuatan vertex untuk bergantung pada tulang. Sehingga saat tulang digerakkan seharusnya verex akan mengikuti pergerakan tulang. Nilai dari kekuatan vertex itulah yang disebut dengan istilah vetex weight.
Proses mengatur vertex weight bisa menjadi sederhana bila mesh karakter yang kita buat cenderung kecil atau langsing. Hal ini dikarenakan area kekuatan tulang akan lebih mudah menjangkau vertex disekitar tulang. Sementara proses vertex weight akan menjadi lebih sulit atau mungkin bermasalah jika mesh karakter cenderung besar atau gemuk. Sebagai ilustrasi silahkan lihat gambar berikut ini.
Apabila terpaksa kita harus melakukan pengaturan vertex weight secara manual tentu akan memakan waktu lebih lama dan membuat jengkel. Hal ini dikarenakan mungkin kita capek melihat titik-titik vertex yang harus di atur satu persatu secara manual.
Nah ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar kita tidak jengkel karena masalah vertex weight ini.
- Buatlah model karakter dengan jumlah polygon yang sedikit terlebih dahulu, atau istilahnya low poly object. Hal ini akan memudahkan kita dalam proses vertex weight manual karena jumlah vertex yang masih sedikit
- Buatlah model yang topology mesh nya baik. Dengan topology mesh yang baik tentu akan semakin memudahkan kita dalam proses vertex weight manual
- Buatlah karakter dengan bentuk badan yang langsing.
- Buatlah ekstra tulang untuk bagian-bagian yang cenderung sulit dijangkau tulang utama. Misalnya untuk perut bila karakter yang kita buat gendut
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video tutorial berikut ini.
Selamat mencoba
0 comments:
Post a Comment