Tuesday, April 14, 2015

Membuat objek transparan dengan tekstur

Membuat objek transparan dengan tekstur



Assalamualaikum

Teknik membuat objek menjadi transparan dengan menggunakan tekstur ini sangatlah penting untuk di kuasai. Karena ada kalanya kita akan membuat objek yang terlihat detail namun terkendala oleh spesifikasi komputer yang minim. Seperti misalnya membuat rambut, pohon dengan daun yang sangat rimbun, atau rumput, dan lain sebagainya. dengan menggunakan teknik ini dijamin komputer anda yang memiliki keterbatasan spesifikasi tetap kuat menampilkan hasil render yang baik bahkan terkadang terlihat realis.
Pada dasarnya dengan menggunakan tekstur ini kita melakukan trik sederhana untuk membuat objek terlihat detail. seperti pada objek rambut misalnya, disini kita hanya perlu menyiapkan objek plane yang di tata sedemikian rupa sehingga terlihat seperti rambut asli.
Dalam video tutorial ini saya mencontohkan dengan objek pohon yang diberi tekstur yang memiliki alpha/trasnparansi.

Tutorial teks
Cara membuat objek transparan dengan menggunakan tekstur
  1. Buka software Blender. Disini saya menggunakan versi 2.7. dan saya rasa tidak ada perbedaan untuk versi yang lain.
  2. Buat sebuah objek plane (shift +A > mesh > plane)
  3. Aktifkan objek plane
  4. Buka tab material6-18-2014 12-35-08 PM
  5. Klik Add new material6-18-2014 12-35-30 PM
  6. Berikan nama pada material “ rumput” > lalu tekan ENTER6-18-2014 12-35-55 PM
  7. Masuk ke tab TEXURE6-18-2014 12-36-09 PM
  8. Klik add new texture6-18-2014 12-36-25 PM
  9. Berikan nama “rumput” dan tekan Enter6-18-2014 12-36-38 PM
  10. Ganti TYPE menjadi image or movie6-18-2014 12-36-38 PM
  11. Pada Rollout IMAGE klik OPEN6-18-2014 12-37-00 PM
  12. Cari file gambar dengan format PNG/TGA/TIF yang sudah disiapkan layer alpha didalamnya. Sebagai contoh silahkan gunakan gambar yang saya sertakan disini.Silahkan download
  13. Turun ke rollout INFLUENCE, nyalakan ALPHA dan biarkan nilai tetap 16-18-2014 12-37-21 PM
  14. Sekarang pada 3D view buka tab properties (N), lalu nyalakan GLSL pada rollout shading6-18-2014 12-37-38 PM
  15. Ganti viewport shading  menjadi TEXTURE6-18-2014 12-37-48 PM
  16. Klik tab MATERIAL lagi. Nyalakan TRANSPARENCY6-18-2014 12-37-59 PM
  17. Isikan nilai alpha menjadi 0 (nol)
  18. Yes, berhasil
======================================================

0 comments:

Post a Comment