Sebuah berita mengejutkan datang dari situs Manila Link, mengatakan bahwa pemerintah Filipina akan segera melakukan pemblokiran terhadap League of Legends, Dota, Dota 2, dan beberapa game MOBA populer lainnya, dari warnet setempat. Dalam artian lain, game-game tersebut enggak akan bisa dimainkan lagi di sana, dan pemblokiran ini akan efektif terhitung mulai bulan depan.
Tidak diketahui jelas alasan pemerintah setempat memutuskan untuk memblokir game-game tersebut. Namun yang pasti, secara tidak langsung berita ini telah membuat terkejut gamers-gamers di Filipina. Mereka, gamers setempat, mengaku kecewa atas keputusan pemerintah yang rasanya tidak adil. Setelah sebelumnya memblokir Dota dari warnet-warnet di daerah Cavite, kini kembali lagi mereka harus kehilangan game yang telah menjadi favorit selama ini.
Pemblokiran ini juga memberikan dampak bagi tim-tim e-Sports Filipina yang saat ini sedang berkarir di dunia kompetitif Dota 2 maupun League of Legends. Mineski misalnya, tim kebanggaan gamers Filipina ini sepertinya harus terpaksa pindah ke negara lain seperti Korea maupun Amerika agar dapat menekuni karir mereka. (Baca Juga:Mungkin, Inilah Penyebab Pemerintah Filipina Blokir Dota dan League of Legends).
Berita ini juga mendapatkan perhatian dari komunitas gamers sedunia. Banyak dari anggota komunitas tersebut menyarankan kepada gamers-gamers di Filipina untuk melakukan banding kepada pemerintah setempat.(DEL)