Tuesday, April 14, 2015

Cycles Render Material

Cycles Render Material


Assalamualaikum

Pada tutorial sebelumnya saya sudah membahas tentang cara mengaplikasikan material dan textures kedalam objek dengan menggunakan software blander. Nah kali ini saya akan membahas sedikit tentang cycles render materials. Cycles render sendiri sudah mulai ada di software Blender mulai versi 2.61 yang rilis pada bulan desember 2011. Dan sekarang (juni 2012) sudah muncul versi 2.63, tentunya cycles render ini sudah mengalami perkembangan. Dan tentunya kedepan fasilitas yang ada akan terus di tambahkan menjadi jauh lebih baik dan kaya fitur lagi.
Didalam rendering dengan menggunakan cycles render ini peran dari Graphic Proscessing Unit atau yang biasa disingkat menjadi GPU sangatlah penting. GPU sendiri adalah sebuah elemen/hardware pengolah grafis yang biasa kita sebut VGA. Peran dari GPU ini sangat terasa pada saat kita melakukan preview pada viewport langsung/realtime. karena memang salah satu fitur utama dari cycles render ini adalah pada preview shader secara realtime di viewport. sehingga setiap kali kita melakukan perubahan pada material/shader, maupun pada pencahayaan kita tidak lagi perlu menkan F12/melakukan render. Hal ini tentu sangat efesien dan efektif sekali. lantas bagaimana jika kita tidak memiliki GPU yang baik? tentu saja masih bisa menggunakan CPU, atau semua perangkat hardware kita, mulai dari memory, VGA, dan prosesor. Namun teknologi CPU ini tidak sebaik jika menggunakan GPU. Sebagai contoh nyata, didalam video tutorial ini saya tidak menggunakan fasilitas GPU karena memang komputer saya sangat sederhana spec nya :( . Bersyukurlah anda yang memiliki VGA yang baik.
Video tutorial ini saya bagi menjadi tiga bagian, karena memang durasinya yang sangat panjang. bahkan sebenarnya ini sudah saya singkat materinya. mungkin di lain kesempatan saya akan tambahkan dengan tutorial lain yang membahas cycles render secara mendalam.
Pada bagian pertama saya akan mengenalkan kepada anda tentang cycles render serta pengaturan GPU didalam blender.
Bagian kedua kita mulai mengaplikasikan material cycles.
Bagian terakhir kita mulai belajar mengenal Node material shader. untuk file latihan anda bisa download di sini.
Selamat menikmati tutorial dari saya, dan jangan lupa untuk memberikan masukan, saran, kritik, dan tetap share tutorial ini ke teman-teman anda supaya tutorial ini menjadi semakin bermanfaat.
Untuk anda yang belum pernah menggunakan sofware blender saya sarankan mengikuti video tutorial saya sebelumnya:

0 comments:

Post a Comment