
Assalamualaikum
Beberapa teman-teman ada yang bertanya ttg Blender, “apakah Blender bisa untuk modeling arsitektural?” tentu saja bisa, dan sangat bisa. Tapi emang kita harus ekstra sabar dalam membuat/modeling tiap bagian objeknya. Hal ini karena sedikit berbeda dengan software 3ds max yang kebanyakan digunakan khusus untuk modeling dan renderig arsitektural, yang sudah disiapkan beberapa objek untuk keperluan tersebut, seperti objek pintu, dinding, tangga, jendela, dll.
Beberapa teman-teman ada yang bertanya ttg Blender, “apakah Blender bisa untuk modeling arsitektural?” tentu saja bisa, dan sangat bisa. Tapi emang kita harus ekstra sabar dalam membuat/modeling tiap bagian objeknya. Hal ini karena sedikit berbeda dengan software 3ds max yang kebanyakan digunakan khusus untuk modeling dan renderig arsitektural, yang sudah disiapkan beberapa objek untuk keperluan tersebut, seperti objek pintu, dinding, tangga, jendela, dll.
Sebelum kita lanjutkan tutorial ini.. Silahkan teman-teman cek tutorial “membuat rumah yang lebih praktis diBlender” ini
Disini saya menggunakan Blender versi 2.65, namun tentu saja cocok untuk diaplikasikan di semua versi Blender karena fasilitas yang saya gunakan disini hanyalah fasilitas dasar saja, seperti extude, cut loop, merge vertex, dll. oke langsung saja kita mulai. 1. Buka software Blender 2. Delete objek cube yang sudah tersedia. Seleksi objek cube tsb, lalu gunakan keyboard X, dan pilih delete 3. Sekarang gunakan vieport Top. caranya: klik angka 7 pada numpad, kemudian angka 5 numpad untuk mengaktifkan viewport top ortho 4. Gunakan reverensi gambar denah. Caranya: buka jendela Properties (klik N), pada menu background image anda cawang dan klik add image
5. Masih di kolom background image: anda klik Axis dan pilih TOP, kemudian klik OPEN untuk mencari file denah.



















gambar atas: menyeleksi edge jendela
gambar atas: extrude edge (E)
gambar atas: Merge (ALT+M) vertex
20. Lakukan pada semua jendela dan pintu
21. Setelah selesai proses modeling pada dinding, sekarang tekan TAB lagi untuk kembali ke “object mode” 22. Tambahkan objek pintu dan jendela serta lantai untuk melengkapi model bangunan.

23. Jadi deh… Untuk bagian pintu dan jendela sengaja saya skip, karena saya yakin anda sudah mampu membuatnya dari pengalaman anda membuat model dinding tadi. Semoga anda menyukai tutorial ini.



